Header Ads

Polres Jember Dalam Latihan Kesiapsiagaan Menghadapi Pelaku Teror

Polres Jember News – Sekelompok orang yang teridentifikasi pelaku terror menyerang sejumlah anggota Polres Jember saat mengamankan aksi demontrasi di depan kantor pemkab setempat, Senin (3/7) 2017 sore. Seorang personel polisi terluka akibat tertusuk senjata tajam dan dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Peristiwa yang membubarkan aksi demontrasi itu terus berlanjut. Anggota polisi yang bersiaga segera bertindak cepat dan melumpuhkan dua teroris yang menyerang aparat. Namun suana tegang itu berubah mencekam, setelah seorang teroris lainnya menyandera warga yang berada di sekitar lokasi. Mereka lantas membawa sandera tersebut menggunakan mobil jenis Mitsubishi Lancer.

Aksi kejar-kejaran tak terhindarkan. Anggota polisi lalulintas yang tengah bertugas segera mengejar tiga teroris yang menyandera warga. Personel polisi dari tim reaksi cepat yang bersenjata lengkap juga turut mengejar pelaku menggunakan kendaraan taktis (rantis).

Setelah berjalan beberapa saat, petugas berhasil menghentikan kendaraan teroris dan menembak mati salah seorang pelaku. Adegan ini dipungkasi dengan terselamatkannya seorang sandra dan tertangkapnya empat pelaku teror lainnya dalam keadaan masih hidup.

Drama penyerangan yang diikuti penyanderaan ini bukanlah peristiwa sebenarnya, melainkan latihan yang dilakukan Polres Jember unt9muk mengantisipasi serangan teroris. Karena saat ini, para pelaku teror kerap menyasar anggota polisi yang tengah bertugas.

“Latihan ini adalah latihan yang akan ditampilkan pada saat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 71 pada tanggal 10 Juli nanti,” kata Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, ketika melaksanakan latihan penanggulangan teroris di depan Kantor Pemerintahan Kabupaten Jember.

Menurutnya, selain sebagai atraksi pada peringatan HUT Bhayangkara, latihan ini juga bertujuan melatih kesiapsiagaan anggota polisi di lapangan dalam menangkal aksi teror. Sedangkan materi latihannya mencakup ketangkasan anggota dalam melumpuhkan teroris dengan menggunakan tangan kosong, serta penyelamatan sandera serta melumpuhkan teroris menggunkan senjata api.

“Latihan ini akan kami gelar setiap hari, hingga menjelang pelaksanaan HUT Bhayangkara ke 71, pada 10 Juli mendatang,” pungkasnya.

Pantauan penanusantara.id, aksi latihan tersebut disaksikan puluhan warga yang penasaran ingin mengetahui lebih dekat. Bahkan warga mengapresiasi dengan bertepuk tangan ketika personel Polres Jember dapat melumpuhkan pelaku teror tersebut. Untuk menghindari peristiwa kecelakaan, latihan ini juga dikawal ketat oleh polisi dan tim medis dari internal kepolisian.



from BERITA POLISI http://ift.tt/2uCaWYl
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.